oke di sini kita akan share tentang masalah hidup sehat apa lagi sehat nya yang lami indah bukan sehat alami tanpa obat-obatan. Jamu Beras Kencur itu enak, seger dan tidak pahit! Jamu adalah solusi aman dan tanpa efek samping untuk menjaga kesehatan kita. Jadi, ayo minum jamu beras kencur.

Beras Kencur

Menurut wikipedia, Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.
Hidup Sehat Dengan Rutin Minum Jamu Beras KencurBahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya.
Ramuan jamu beras kencur selengkanya yaitu terdiri dari: Bahan utama rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.
Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, prosesnya rimpang kencur bersama bahan lainnya kecuali tepung beras dan gula ditumbuk atau digiling sampai halus, dengan air panas diperas diambil sari-sarinya setelah itu tepung beras dan perasan sari kencur dicampur dengan beras dan gula untuk selanjutnya diproses pengeringan dengan cara dipanasi.

Cara Membuat Beras Kencur

Beras kencur adalah salah satu bahan alami yang dapat diracik sendiri. Selain bisa mengecilkan perut, beras kencur bisa mengurangi kemungkinan infeksi pada rahim.
Bahan:
a). 3 sendok makan beras, jahe, dan kunyit;

b). gula jawa 125 gram;
c). 1 sendok makan asam jawa dan garam;
d). 1 butir jeruk nipis; dan
e). sedikit daun pandan.

Langkah-langkahnya:
a). Beras direndam selama 3 jam.

b). Gula, kunyit, jahe, asam, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air. Lalu, saring.
c). Kencur, jahe, dan, kunyit yang diambil setelah direbus digiling dengan beras.
d). Setelah halus, air rebusan, sedikit demi sedikit, dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi.
e). Saring dengan kain bersih.
f). Peraslah air jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya. Kalau kurang manis, tambahkan gula pasir.
g). Beras kencur siap diminum.

Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah atau gula aren. dari  beberapa bahan campuran tersebut yang selalu ada adalah jehe, asam jawa, kayu manis, cengkeh, kunyit dan gula aren.

ManfaatJamu Beras Kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur ini pun sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Manfaat jamu beras kencur tidak bisa lepas dari kandungan jamu yang bermacam-macam. Antara lain protein, karbohidrat, minyak atsiri, dan mineral. Selain menyegarkan, meminum jamu beras kencur yang terasa enak ternyata banyak manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaatnya.
  • Minyak atsiri yang dikadung kencur diklaim memiliki banyak senyawa bermanfaat. Senyawa ini berfungsi sebagai zat analgesic, yaitu zat yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Jamu beras kencur memiliki kemampuan untuk menambah tenaga karena memiliki sifat stimultan.
  • Manfaat jamu beras kencur yang lain adalah sebagai minuman penambah nafsu makan. Ini cukup efektif pada anak kecil yang kebanyakan memang susah makan.
  • Jamu beras kencur bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghilang rasa capek, pegal-pegal karena kelelahan.
  • Jamu beras kencur  dipercaya bisa menghilangkan beberapa penyakit, seperti batuk, radang lambung, sariawan, keracunan makanan, memperlancar siklus menstruasi, mengeluarkan dahak atau ekspektoran, mengurangi rasa pusing, mual, atau perut kembung.
Itu adalah beberapa manfaat jamu beras kencur yang sudah banyak dibuktikan orang. Karena cara membuatnya yang mudah dan manfaat yang begitu banyak, maka tak ada alasan bagi Anda untuk tidak menyukai jamu beras kencur yang enak ini. Silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya!

Khasiat Utama Jamu Beras Kencur

  1. Expentorasia : untuk menyembuhkan batuk dengan cara mengencerkan dahak serta memudahkan keluarnya dahak.
  2. Dinretioca : untuk memperlancar proses pengeluaran urine (air kencing).
  3. Carminativa : yaitu untuk membantu proses pengeluaran angin dari dalam perut akibat perut kembung / masuk angin
  4. Stimulansia : yaitu untuk membangkitkan atau memberikan rangsangan.
  5. Protection : yaitu untuk memberikan perlindungan pada pakaian atau buku dari gangguan serangga.

0 komentar:

Poskan Komentar